22 Tujuan Wisata Favorit di Malaysia

Selain faktor harga tiket, Malaysia juga memiliki beragam atraksi dan tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Malaysia terkenal sebagai salah satu negara di Asia yang memiliki beragam suku, agama, dan budaya. Meskipun banyaknya keragam tersebut, mereka dapat tinggal secara berdampingan dan damai. Bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke Malaysia, ada 10 tempat wisata di Malaysia yang patut Anda kunjungi, yaitu

22. Aquaria KLCC

aquaria klccTempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Aquaria KLCC. Bagi anda yang membawa anak-anak anda bisa berwisata di tempat yang satu ini dikarenakan anak-anak akan senang melihat aquarium besar dengan berbagai macam spesies ikan yang ada di dalamnya.

Pengunjung yang datang kesini akan disuguhkan dengan dunia yang berbeda dibandingkan sebelumnya, anda akan seperti berada di tengah-tengah laut dikelilingi dengan berbagai macam spesies ikan dari yang besar hingga yang kecil. Tidak hanya ikan dengan bentuk yang biasa-biasa saja yang anda dapatkan disini namun ikan dengan bentuk aneh pun akan anda jumpai disini.

Bagi anda yang ingin berkunjung kesini anda bisa datang pukul 10.30 pagi sampai dengan pukul 8 malam. Pada hari libur nasional dan weekend akan tetap buka meski dengan harga tiket yang lebih mahal dibandingkan dengan weekdays. Tempat ini akan menerima tamu terakhir kali pada pukul 7 malam sehingga jika anda datang kesini lebih dari jam 7 malam maka anda tidak bisa masuk ke tempat ini lagi.

Lokais : Kuala Lumpur Convention Centre Complex, Jalang Pinang, 50088 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

21. Bukit Bintang

bukit-bintangTempat wisata Bukit Bintang tidak hanya jadi tempat wisata di Yogyakarta saja namun Bukit Bintang juga ada di negara Malaysia tepatnya di kota KL ( Kuala Lumpur ). Berbeda halnya dengan tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Bukit Bintang yang ada di Kuala Lumpur merupakan tempat yang bisa digunakan sebagai sarana wisata untuk berbelanja maupun untuk untuk mencari hiburan. Saat anda berada disini anda akan menemukan beberapa mall besar dan juga terlengkap yang ada di Kuala Lumpur.

Bukit Bintang menjadi tempat wisata tujuan bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang ingin berbelanja sebab di tempat ini merupakan surga bagi oarng yang suka berbealanja. Disini pengunjung akan menemukan berbagai macam barang ori atau asli dan tidak ada satupun barang kw yang dijual disini. Selain besar dan mewah, Bukit Bintang yang ada di Kuala Lumpur memiliki berbagai jenis macam kafe sehingga cocok dijadikan sebagai tempat wisata yang cocok untuk anak muda sebab selain bisa berbelanja,anak muda yang datang kesini bisa nongkrong bersama dengan teman atrau pasagan di kafe yang ada di daerah aukit Bintang.

Bukit Bintang juga dilengkapi dengan spa yang akan memanjakan kulit dan tubuh anda yang sudah seharian ini jalan-jalan mengitari Mall di Bukit Bintang. Dijamin tubuh dan badan yang lelah pun akan segar kembali setelah melakukan spa disana.

Lokasi : Kawasan KL Golden Triangle (Segitiga Emas), Kuala Lumpur

20. Lake Gardens

Lake GardenTempat wisata menarik dan populer yang ada di Kuala Lumpur adalah Lake Gardens. Bagi anda yang suka berwisata dengan hijaunya pemandangan dan suasana yang asri bisa berkunjung ke tempat ini. Lake Gardens merupakan taman yang sangat populer dan juga luas di kota Kuala Lumpur. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 91 hektar dan banyak sekali kegiatan menarik yang diadakan di tempat ini oleh pemerintah setempat.

Saat anda berada di tempat ini, anda tidak hanya disuguhi satu macam tempat wisata saja namun anda akan menemukan berbagai macam tempat wisata yang sangat menarik misalnya saja taman kembang sepatu, taman anggrek, taman rusa, monumen nasional dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk mengelilingi taman ini akan terasa melelahkan jika berjalan kaki, oleh sebab itu tempat ini menyediakan penyewaan sepeda yang bisa disewa oleh pengunjung yang ada di sana. Biaya penyewaan sepeda sekitar 3 ringgit banyaknya untuk waktu sewa selama 30 menit. Untuk biaya masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya sedikitpun sehingga bagi anda yang ingin menghemat pengeluaran selama ada di Kuala Lumpur anda bisa mengunjungi tempat ini. Meskipun murah dan gratis namun anda tidak akan kecewa dengan pemandangan yang disuguhkan di tempat ini, tempat ini bisa menjadi tempat anda untuk menenangkan diri, merilekskan pikiran dan juga bisa dijadikan sebagai tempat istirarahat sebab tampat ini memiliki karakter tempat wisata yang tenang dan juga damai. Jam buka di tempat wisata ini adalha setiap hari mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 6 sore.

19. Thean Hou Temple

Thean Hou TempleBerwisata kuil di Malaysia tentu kurang lengkap bila belum berkunjung ke kuil tua yang ada di ibukota Malaysia ini. Thean Hou adalah sebuah kuil yang dalamnya begitu luas dan banyak tempat yang bisa dijadikan lokasi berfoto ria. Jangan takut jika selama berkeliling Anda tiba-tiba merasa lapar karena di bagian basement kuil terdapat sebuah tempat makan. Tempat makan tersebut letaknya tidaklah jauh dari toko yang menjual peralatan sembahyang dan souvenir.

Kebanyakan makanan yang dijajakan di tempat makan basement tersebut adalah makanan khusus untuk vegetarian, jadi bagi yang ingin mengicipi makanan ala vegetarian bisa mencobanya. Untuk menuju ke kuil ini dari Menara Kembar Petronas sebetulnya tidaklah begitu jauh, hanya menempuh jarang sejauh beberapa ratus meter saja Anda sudah sampai. Bagi para umat Buddhis di Indonesia yang ingin berlibur di Malaysia, kuil ini sangat layak disambangi karena sangat bersih dan terawat dengan baik.

18. Brickfields atau Little India

Brickfields atau Little IndiaKalau biasanya kita mengetahui dan lebih familiar dengan Little India milik Singapura, kali ini yang akan kita bahas tentunya adalah Little India yang ada di Malaysia. Malaysia mempunyai Brickfields yang menjadi surga belanja dan kuliner khas India. Tempat ini pada umumnya adalah lokasi berkumpulnya banyak komunitas keturunan India yang hidup dan tinggal di Malaysia.

Yang suka mengoleksi barang-barang khas India bisa langsung datang ke sini karena ada banyak toko yang menjualnya. Makanan dan minuman khas India juga tersedia, termasuk jajanan kaki lima yang akan muncul tepatnya di malam hari.

17. Lake Symphony

Lake SymphonyWisata yang juga akan menyempurnakan liburan Anda selama di Malaysia adalah Lake Symphony di mana disarankan bagi para pengunjung untuk datang di saat menjelang petang atau malam. Suasana yang lebih meriah akan terlihat di akhir pekan karena lebih banyak pengunjung yang datang. Kesejukan hawa di sekitar area ini begitu menyenangkan sehingga tidak akan masalah bila datang lebih awal dan menunggu hingga pertunjukan dimulai sambil duduk-duduk di sana.

Pertunjukan cahaya adalah daya tarik dari lokasi wisata ini, apalagi cahaya-cahaya yang dimainkan ditemani dengan sejumlah lagu yang mengiringi. Datanglah lebih awal sebelum pertunjukan dimulai agar Anda memiliki waktu untuk memilih spot paling baik demi mendapat tontonan tersebut secara nyaman.

16. Rumah Penghulu Abu Seman

Rumah Penghulu Abu SemanIni di salah satu bangunan rumah tradisional di Malaysia yang paling tua karena memang dibangun dari tahun 1901 dan 1930-an. Lokasi aslinya adalah di Kampung Sungai Kechil yang diketahui berada di daerah utara Peninsula. Karena merupakan bangunan tua, maka Badan Warisan Malaysia telah mengambil langkah penting dengan merelokasinya di tahun 1996 sampai 1997. Di lokasi wisata ini jugalah para wisatawan bisa secara puas melihat-lihat berbagai keunikan souvenir dan mendapatkan wawasan lebih banyak akan budaya serta sejarah sebuah bangsa.

  • Pengunjung bisa mendapatkan panduan dengan mengikuti tur yang sudah disediakan untuk mengenal lebih dekat Rumah Penghulu Abu Seman, mulai dari pengetahuan tentang rumah dan gaya hidup yang berdurasi sekitar 40 menit dengan video 20 menit yang opsional.
  • Rumah ini terbuka bagi pengunjung, khususnya dari hari Senin hingga Sabtu dari jam 11 siang hingga 3 sore. Rumah akan tutup setiap hari libur nasional dan hari Minggu.

15. Batu Caves

Batu CavesBanyak wisatawan yang pergi ke Malaysia dan selalu mengabadikan momen di depan sebuah patung besar di Batu Caves. Untuk berkunjung ke tempat ini tidaklah sulit karena memang hanya kurang lebih 13 kilometer di sisi utara ibukota Malaysia. Tidak hanya umat Buddha saja yang bisa mengunjungi kuil Buddha, tapi para umat Hindu Indonesia yang ke Malaysia dapat mendatangi Batu Caves.

Batu Caves merupakan sebuah spot suci bagi para umat beragama Hindu yang berada di Kuala Lumpur dan untuk memasuki kawasan wisata ini para wisatawan tidak perlu merogoh kocek untuk tiket masuk sebab digratiskan. Walau merupakan tempat suci, ini adalah sebuah obyek wisata yang boleh dikunjungi siapa saja. Namun, bersiaplah untuk kelelahan karena ada sekitar 272 buah anak tangga yang lumayan terjal sehingga harus berhati-hati dalam melangkah.

Keunikan pada anak tangga tersebut adalah adanya angka di setiap anak tangganya sehingga para pengunjung yang melewati tangga tersebut bakal mengetahui dengan mudah sudah mencapai anak tangga ke berapa. Secara otomatis, dengan melihat angka-angka tersebut para pengunjung akan melupakan rasa lelahnya karena akan makin termotivasi untuk melanjutkan jalan naik tangga. Selain dari tangga, cukup banyak monyet yang berkeliaran dan berupaya mengambil makanan para pengunjung sehingga wajib berwaspada.

14. Masjid Jamek

Masjid JamekTepat berada di Jalan Tun Terak, para wisatawan yang haus akan wisata religi bisa datang ke Masjid Jamek dan beribadah di tempat ini. Untuk dapat masuk ke dalam masjid, para pengunjung bisa masuk tanpa membayar berapapun sehingga langsung masuk saja, beribadah, dan kemudian dilanjutkan dengan berfoto-foto selama di dalam. Bila ingin mendapatkan pemandangan yang lebih baik, datanglah saat waktu sudah gelap sebab cahaya dari gedung masjid akan muncul dan menarik perhatian kita. Masjid ini boleh dibilang termasuk di dalam obyek pariwisata populer di Malaysia karena menjadi bagian dari sejarah Kuala Lumpur dan sejarah Islam di ibukota terserbut. Jadi, bisa dibayangkan betapa besarnya nilai histori dari gedung ini.

  • Masjid Jamek buka setiap hari dan menerima pengunjung dari jam 9 pagi hingga 5 sore.
  • Hindari jam kunjungan pada hari Jumat di jam 12.15 sampai 2.45 karena waktu tersebut adalah waktunya beribadah, kecuali bila memang ingin ikut beribadah sekalian.

13. Merdeka Square

Merdeka SquareWisata lainnya yang sangat asyik untuk dikunjungi, apalagi oleh para pengunjung yang suka berfoto adalah Merdeka Square. Di kompleks ini Anda akan menemukan banyak gedung tua yang merupakan peninggalan sejarah. Beragam jenis bangunan ada di tempat ini dan untuk mencapai kawasan Merdeka Square, Anda bisa mengendarai taksi. Ada museum yang juga bisa disambangi tanpa harus membayar tiket masuk. Kalau mengunjungi tempat ini pada siang hari, disarankan agar para pengunjung tidak lupa membawa topi atau payung karena cuaca di sekitarnya begitu panas. Ini adalah kawasan terbuka yang luas sehingga wisatawan pasti akan menyukainya.

 

12. Sri Mahamariamman

Sri MahamariammanObyek wisata satu ini adalah sebuah situs keagamaan para umat beragama Hindu. Jadi, selain dari Batu Caves, Sri Mahamariamman ini bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata sejarah dan religi. Berada di pusat ibukota, wisatawan bisa dengan mudah menjangkau tempat ini karena letaknya tidaklah jauh dari Chinatown. Kuil ini merupakan sebuah tempat di mana segala arsitektur yang rumit diperlihatkan dan dapat diabadikan. Atraksi di sekitar kuil ini adalah Jalan Petaling yang merupakan sebuah night & day market dan Merdeka Square.

  • Pengunjung memang tidak perlu membayar tiket masuk, namun khusus bagi yang ingin menyimpan sepatu di tempat yang aman saat memasuki wilayah kuil, harus merogoh beberapa Ringgit Malaysia untuk membayar. Hal ini disebabkan para pengunjung dilarang masuk bila tidak melepas alas kaki.
  • Sri Mahamariamman buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai setengah 9 malam (pada hari Sabtu sampai jam 9 malam dan pada hari Jumat sampai jam setengah 10 malam).
  • Pada perayaan festival, jam operasional dari kuil ini bisa berubah sewaktu-waktu.

11. National Palace Royal Museum

National Palace Royal MuseumThe Royal Museum ini berada di lokasi Istana Negara yang lama dan bangunan ini berdiri di sebuah lahan yang begitu luas dengan struktur dan desain yang megah serta pagar yang tinggi. Seperti layaknya Istana Ratu Inggris, penjaga yang ada di the Royal Museum pun menaiki kuda.

  • National Palace Royal Museum buka setiap hari dengan jam operasional dari jam 9 pagi hingga 5 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan RM 10 atau sekitar Rp 32 ribu, sementara pengunjung anak-anak dengan usia antara 6-12 tahun dikenakan RM 5 atau sekitar Rp 16 ribu.

Jadi, apakah Anda semakin tidak sabar segera berangkat ke Negeri Jiran setelah menengok sejumlah tempat wisata di Malaysia ini? Untuk dapat menikmati setiap lokasi wisata maksimal, maka dihimbau untuk menjaga kesehatan dan semoga Anda mendapatkan banyak pengalaman berharga selama di Malaysia.

10. Kota Bharu

Kota Bharu

Kota Bharu

Kota Bharu sering menjadi tempat persinggahan bagi para traveler untuk mengunjungi Kepulauan Perhentian yang indah. Terletak di Semenanjung Malaysia dekat perbatasan Thailand, Kota Bharu menawarkan pesona unik tersendiri, baik itu berupa atraksi, pusat belanja, dan juga kuliner. Di Kota Bharu banyak terdapat sejarah dan budaya peninggalan Kelantan dengan salah satu museum yang terkenal adalah Museum Royal. Museum ini menawarkan banyak foto dan artefak keluarga kerajaan yang mewah dan istana kayu unik yang terletak di dalamnya.

Menyusuri jalanan di Kota Bharu, jangan lupa mengunjungi Central Market yang merupakan pasar terbesar di sini. Di pasar ini, terdapat banyak penjual makanan dan buah yang berwarna warni.

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata air, bisa berkunjung ke Pantai Cahaya Bulan dan Taman Negeri Gunung Stong. Di kedua lokasi ini Anda bisa menikmati kegiatan outdoor seperti berenang, rafting, dan scuba diving yang berlokasi di kapal karam Jepang dari Perang Pasifik

9. Melaka

Melaka

Melaka

Memegang posisi penting pada rute laut super sibuk antara India dan Cina di pesisir barat daya Malaysia, Melaka direbutkan selama berabad-abad oleh pemerintah India, Portugis, Inggris dan Belanda. Hal ini membuat kota ini dikemas begitu menarik oleh Malaysia baik dari segi arsitektur ataupun budaya karena merupakan warisan budaya yang berharga.

Dikenal sebagai tempat campuran beragam budaya, Melaka terdiri dari beberapa kabupaten yang masing-masing memiliki fitur atraksi berbeda-beda. Peninggalan Portugis ditandai dengan villa menawan, gereja bersejarah dan sisa-sisa benteng tua.

Pada kuartal Cina terdapat candi Cina yaitu candi Cheng Hoon Teng dan serta salah satu kuburan Cina terbesar di luar negara China. Distrik Belanda meninggalkan beberapa arsitektur peninggalan Belanda di sisi timur. Selain itu, masing-masing zona budaya memiliki tradisi dan festival sendiri seperti Portugis “Intrudu” dan Tahun Baru Cina.

8. Kuching

Kuching

Kuching

Kuching adalah kota terbesar di Borneo. Kuching terkenal dengan hutan hujan tropis dimana para wisatawan dapat melakukan tracking dan juga rekreasi di alam terbuka. Dianggap sebagai kota terbersih di Malaysia, Kuching menyajikan tata kota yang unik dengan gedung pencakar langit dan arsitektur modern serta dikelilingi oleh hutan yang rimbun.

Kota ini terletak di tepi Sungai Serawak dengan pemandangan taman yang indah dan juga tempat-tempat bersejarah seperti Benteng Margherita dan Istana Astana. Di sepanjang tepi laut, Anda bisa menemukan para penjual makanan, pertunjukan musikal air mancur, menara observasi, dan teater terbuka. Anda bisa menikmati kuil bersejarah Cina, pasar, warung makan dan banyak toko-toko antik dan kerajinan di jalanan tertua Kuching.

7. Kota Kinabalu

Kota Kinabalu

Kota Kinabalu

Sebagai Ibukota Negara Sabah di Borneo Malaysia, Kota Kinabalu merupakan tujuan wisata yang berkembang pesat karena dekat dengan pulau tropis, hutan hujan, tempat perlindungan satwa liar, taman nasional dan puncak tertinggi Malaysia, Gunung Kinabalu.

Biasa disebut KK oleh penduduk setempat, Kota Kinabalu memiliki pusat kota kecil yang memiliki beberapa landmark dan juga observatorium dengan pamandangan yang indah.

Sebagian besar atraksi utama KK berada di luar kota seperti Lok Kawi Wildlife Park, Kota Kinabalu Wetland Centre dan Taman Nasional Kinabalu, yang menawarkan satwa liar seperti bekantan, harimau, orangutan dan gajah serta petualangan outdoor seperti berkemah, trekking hutan, mendaki gunung, arung jeram dan meniti sungai dengan kapal pesiar.

Hanya beberapa menit dari kota, Anda bisa menemukan Taman Tunku Abdul Rahman memiliki lima pulau kecil yang ideal untuk snorkeling, diving, berenang dan berlayar. Anda juga bisa berkunjung ke Desa Budaya Monsopiad untuk merasakan tradisi dan budaya suku asli Kadazan.

6. Cameron Highlands

Cameron Highlands

Cameron Highlands

Cameron Highlands di Pegunungan Titiwangsa adalah salah satu tempat wisata di Malaysia yang paling tua. Dibangun dengan konsep taman Inggris yang mempesona, dataran tinggi yang indah ini menawarkan pemandangan yang subur, perkebunan bunga berwarna-warni, perkebunan teh, hutan, danau, habitat satwa liar, dan fasilitas rekreasi di alam terbuka.

Jalan menuju Cameron Highlands terbilang bagus sehingga mudah diakses oleh bus, mobil, mini van, dan taksi. Selama perjalanan menuju lokasi ini, Anda bisa melihat pemandangan hijau yang indah.

Di sini juga terdapat Time Tunnel Gallery yang menampilkan sejarah perkembangan masyarakat Cameron. Salah satu lokasi yang terkenal di sini adalah Gunung Brinchang dan Tanah Rata. Gunung Brinchang menawarkan pemandangan dataran tinggi yang sangat menyegarkan mata. Sedangkan Mossy Forest menawarkan jungle track dimana Anda bisa menikmati sensasi menjelajah ekosistem hutan dengan pemandangan air terjun yang indah.

Sebagai produsen utama teh dan bunga dari negara Malaysia, Cameron Highlands memiliki banyak perkebunan teh dan kebun bunga, terdapat juga kebun sayur, kebun buah, kebun kupu-kupu, dan peternakan madu yang dapat diakses oleh para wisatawan. Di sini juga terdapat lapangan golf bagi Anda pecinta permainan golf.

5. Taman Negara

Taman Negara

Taman Negara

Taman Negara terkenal sebagai hutan hujan tropis tertua di dunia. Sebuah ekowisata yang menawarkan petualangan sebagai tujuan terpopuler. Di sini, Anda bisa berpetualang di alam liar sambil menikmati ekosistem tanaman langka, burung-burung eksotis dan beberapa satwa langka seperti Harimau Malaya, Gajah Asia, dan Badak Sumatera.

Ada berbagai cara menarik untuk menikmati wisata alam liar yaitu dengan hiking, memancing, menjelajah gua dan 4WD safari. Salah satu hal populer yang harus Anda coba di sini adalah mengunjungi Canopy Walk, sebuah jembatan gantung panjang yang terletak di atas puncak pohon. Berjalan meniti jembatan ini, Anda dapat menikmati pemandangan eksotis kawanan burung yang terbang bebas di udara.

Tersedia juga fasilitas safari malam untuk melihat tanaman yang hanya mekar di malam hari, jamur glow in the dark, dan makhluk nokturnal seperti burung hantu, kucing macan tutul, dan naga air. Anda tak perlu khawatir soal kuliner karena tersedia restoran terapung di Sungai Kula Tahan.

4. Penang

Penang

Penang

Pulau Penang adalah tujuan wisata populer karena keragaman sejarah di George Town. Terletak di sepanjang jalur pelayaran dunia, kota ini memiliki beragam warna budaya, arsitektur dan juga kuliner. Ketika memutuskan untuk mengujungi Penang, Anda harus benar-benar mengeksplor kota ini, entah itu dengan menggunakan mobil, sepeda, bus, atau taksi.

Beberapa lokasi yang dapat Anda kunjungi ketika di Penang adalah Botanic Gardens, Bird Sanctuary, Taman Kupu-Kupu, Supreme Bliss, dan pantai berpasir putih Batu
Ferringhi yang terletak di sepanjang pantai utara.

Tak lengkap rasanya bila mengunjungi penang tanpa mencoba naik becak sambil menyusuri George Town, menikmati arsitektur klasik peninggalan Inggris. Siapkan kamera Anda saat melakukan tour di sini. Sesekali singgahlah di restoran, pasar, atau bar untuk mencicipi kuliner khas karena Penang terkenal sebagai lokasi percampuran kuliner dari seluruh dunia.

3. Kuala Lumpur

Kuala Lumpur

Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, sebagai ibu kota negara Malaysia memiliki banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Saat berada di Kuala Lumpur jangan lupa untuk mengujungi Stasiun Kereta Api Kuala Lumpur yang memiliki desain sangat unik, campuran antara arsitektur barat dan timur. Kapan lagi merasakan naik kereta api dengan fasilitas seperti di drama-drama Jepang?

Selain menjajal sensasi naik kereta, beberapa hal yang dapat Anda lakukan di Kuala Lumpur antara lain mengujungi Kuil Thean Hou, merasakan sensasi belanja di Berjaya Times Square, mengujungi Islamic Arts Museum Malaysia, mengujungi manara KL, Taman Burung, Merdeka Square , Batu Caves, dan Menara Kembar Petronas yang merupakan ikon dari Malaysia.

Oh ya, satu lagi lokasi favorit para turis untuk berbelanja di Kuala Lumpur, Bukit Bintang. Bukit Bintang menawarkan beragam mall, tempat belanja, kuliner, dan hiburan sejak pagi hingga malam.

2. Langkawi

Langkawi

Langkawi

Terletak di lepas pantai barat laut Malaysia, Laut Andaman, Langkawi adalah sebuah kepulauan yang memiliki pantai, hutan hujan, hutan bakau dan gunung yang indah. Hal ini membuat Langkawi menjadi salah satu tempat wisata di Malaysia yang paling populer. Dalam beberapa tahun terakhir, resor, hotel, restoran dan fasilitas wisata lainnya telah berkembang pesat di Langkawi.

Keindahan alam pulau ini adalah daya tarik utama di sini. Pantai berpasir seputih salju dan birunya air laut yang jernih berlatar tebing kapur. Salah satu pantai terpopuler adalah Pantai Cenang yang menawarkan beragam restoran dan bar. Untuk pantai yang lebih tenang, Anda bisa mengunjungi Pantai Tengah dan Pantai Kok karena kedua pantai ini merupakan pantai yang seolah terisolasi dari hiruk pikuk kota.

Di sini juga tersedia trekking hutan bakau dan tempat wisata di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan Air Terjun Telaga Tujuh, burung-burung eksotis dan biawak atau monyet. Anda bisa menikmati keindahan Langkawi dari ketinggian di Gunung Raya dan Gunung Mat Cincang. Gondola dan skybridge adalah fasilitas yang tepat untuk menikmati mencapai kedua gunung ini.

1. Taman Nasional Gunung Mulu

Taman Nasional Gunung Mulu

Taman Nasional Gunung Mulu

Taman Nasional (TN) Gunung Mulu terkenal karena struktur batu kapur yang luar biasa dan juga sistem gua yang fenomenal sehingga menjadikannya salah satu wisata alam paling manakjubkan di seluruh Asia Tenggara. Berlokasi di negara Serawak, TN ini memiliki sistem gua terbesar sekaligus terpanjang di dunia. Salah satunya Sarawak Chamber, yang diperkirakan mampu menampung 40 pesawat Boeing 747.

Terletak di antara hutan hujan tropis, sungai sejernih kristal, dan pegunungan terjal TN Gunung Mulu memiliki fitur Pinnacles, sebuah sinkronisasi batu kapur yang dikenal sebagai Taman Eden. Di sini juga terdapat dua puncak megah Gunung Mulu dan Gunung Api. Taman ini juga rumah bagi sejumlah spesies satwa liar seperti burung enggang, kelelawar, siamang, kijang dan babi berjenggot. Selain tur gua dan hiking, aktivitas populer di sini adalah canopy walk terpanjang di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *